Selasa, 20 Desember 2016

Anak Balapan Liar, Polisi Panggil Ortu

Anak Balapan Liar, Polisi Panggil Ortu

Polisi sering menertibkan balapan liar (bali). Namun, hal itu tidak membuat jera para remaja yang suka kebut-kebutan motor di jalan raya. Buktinya, sebulan terakhir ini, Satlantas Polres Bangkalan mengamankan 90 motor terlibat bali.
Puluhan motor tersebut disita polisi. Motor yang sudah dimodifikasi itu boleh diambil. Tapi, syaratnya cukup berat. Di antaranya, orang tua (ortu) yang harus mengambil motor terlibat balapan liar tersebut ke kantor polisi.
Selain itu, orang tua diberi arahan oleh polisi agar anak masing-masing tidak kembali terlibat ajang kebut-kebutan di jalan raya. Syarat lainnya, motor yang dimodifikasi tersebut harus dilengkapi sesuai standar. Pemilik juga harus membayar uang tebusan di pengadilan agar motor bisa dibawa pulang.
Kasatlantas Polres Bangkalan AKP Inggit Prasetiyanto mengungkapkan, dalam kurun waktu sebulan, pihaknya mengamankan 90 motor yang terlibat bali. Razia penertiban balapan liar dilakukan di dua lokasi. Yakni, di Jalan Raya Bancaran dan jalan raya akses Jembatan Suramadu.
Motor yang diamankan langsung ditilang sesuai pelanggaran. Kondisi sebagian motor yang diamankan pretel. Sebagian motor lainnya tidak dilengkapi surat-surat kendaraan saat terjaring razia. ”Paling banyak pelanggaran motor sudah tidak sesuai dengan spefikasi aslinya,” terang Inggit Senin (19/12).
Setelah para ortu membayar denda di pengadilan, motor tidak langsung diberikan kepada pemilik. Satlantas mengumpulkan orang tua para remaja yang terlibat balapan liar. Mereka diberi arahan tentang bahaya bali.
Inggit berpesan, para orang tua hendaknya lebih ketat mengawasi anaknya agar tidak terlibat balapan liar. ”Kalau bukan orang tua atau keluarga, tidak kami berikan motornya. Maaf bukan maksud mempersulit. Ini untuk memberikan arahan,” tegas Inggit.
Dia berharap, ajang kebut-kebutan motor di jalan raya bisa diminimalkan. Selain membahayakan diri pengendara, pengguna jalan yang lain terganggu. ”Kami sampaikan, balapan liar tidak ada untungnya,” jelasnya.
Dari 90 motor yang disita, hanya 10 orang tua pemilik yang datang memenuhi undangan polisi. Satlantas melakukan penertiban balapan liar ketika ada laporan dari masyarakat. Biasanya, razia bali dilakukan tiap Sabtu malam hingga Minggu dini hari.
sumber : http://radarmadura.jawapos.com

BACA JUGA :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Anak Balapan Liar, Polisi Panggil Ortu

0 komentar:

Posting Komentar